Mulai hidup sehat dari segi Makanan sehari hari - Rahasia Kesehatan

Breaking

Kamis, 02 April 2020

Mulai hidup sehat dari segi Makanan sehari hari

Rahasia Kesehatan - Selain Air yang membuat tubuh kita sehat ada beberapa kebutuhan lainnya yang diperlukan oleh tubuh yaitu " Makanan ". Makanan adalah sesuatu sajian yang bisa kita santap ketika lapar atau sedang ngemil, Namun tidak semua makanan yang kita konsumsi setiap hari itu baik untuk kesehatan tubuh Mulai hidup sehat dari segi Makanan sehari hari . jika anda peduli sama kesehatan tubuh anda sebaiknya mulai berubah dari sekarang untuk memperhatikan apa saja yang bisa kita konsumsi dan takkaran porsi makan.

Ada 2 Sifat makanan dimata Manusia yang sering dikonsumsi namun Makanan yang sehat adalah makanan yang jarang diminati. Makanan yang keliatan dan rasa nya lebih lezat belum tentu baik untuk kesehatan lho teman-teman ,Oleh karena itu mulai sekarang mari kita sama-sama belajar apa saja yang sebaiknya kita konsumsi untuk memulai hidup sehat dari segi Makan

Mulai hidup sehat dari segi Makanan sehari hari

Banyak makanan yang kita rasa begitu enak, Namun itu tidaklah menjamin kesehatan. Dan sebaliknya banyak makanan sehat yang kita anggap kurang enak namun memiliki manfaat yang begitu penting dalam mencukupkan kebutuhan tubuh manusia. Mulai sekarang STOP Makan-makanan tidak bergizi apalagi sampai makan berlebihan itu bisa membuat penyakit kronis yang datang. Dapatkan Bonus Cashback dan Bonus Refferal Disini
Sedangkan jika kalian mengkonsumsi makanan sehat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin yang terkandung dalam buah, dan juga protein yang terdapat pada telur, dan masih banyak lagi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan sehat dari segi buah-buahan yang baik di konsumsi setiap hari baik dirumah ataupun diluar rumah. Adapun nama buah-buahan tersebut beserta nutrisi yang dikandung dalam buah tersebut adalah : 

  • Apel, karena banyak mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan lain.
  • Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C.
  • Alpukat, yang kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Selain rendah kalori, juga kaya akan antioksidan dan serat.


Mengonsumsi makanan sehat juga sebaiknya tetap seimbang dan beragam. Berikut kelompok makanan sehat utama lain yang harus Anda konsumsi, selain sayuran dan buah-buahan :

Daging dan telur

Daging merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi.  Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya. Sedangkan telur tergolong sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena selain tinggi protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan sarat akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.
Ikan dan makanan laut lainnya
Ragam makanan laut terutama ikan, adalah jenis makanan sehat yang kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

Susu

Susu sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Anda juga bisa mengonsumsi susu dalam beragam bentuk produk olahan susu, seperti keju. Susu yang difermentasikan menjadi yoghurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Kenali Berbagai Jenis Makanan yang Perlu dihindari

Selain perlu mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus mengenali makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu gangguan kesehatan.

Pertama, hindari makanan dan minuman yang ditambahkan gula. Apabila sering dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kemudian, hindari makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Makanan jenis ini memiliki kalori tinggi, tetapi sedikit nilai nutrisinya. Selain itu, makanan cepat saji dapat mendorong makan berlebihan.

Hindari juga makanan atau minuman yang tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, apabila Anda ingin mengonsumsinya, sebaiknya hanya dilakukan sesekali saja.


Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa mencoba kreasi dan kombinasi berbagai jenis makanan sehat dalam variasi sajian yang menarik setiap harinya.

Jangan lupa untuk melengkapi pola makan sehat Anda dengan pola hidup yang sehat pula, yakni dengan memperbanyak konsumsi air putih, istirahat yang cukup dan rutin olahraga. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

BACA JUGA : 5 Manfaat Minum Susu Bagi Orang Dewasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar